Pemerintah Resmi Tetapkan Pemilu Diselenggarakan 14 Februari 2024

- Senin, 24 Januari 2022 | 21:01 WIB
Ilustrasi Pemilu 2024. /Pikiran-Rakyat.com
Ilustrasi Pemilu 2024. /Pikiran-Rakyat.com

HALUAN KALSEL - Komisi II DPR RI bersama dengan KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggelar rapat penentuan jadwal pemilihan umum (Pemilu) pada 2024 mendatang. Hasilnya, jadwal pemilu resmi ditetapkan pada 14 Februari 2024.

Rapat penentuan jadwal pemilu itu dilakukan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta dan dihadiri Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Ketua Bawaslu Abhan dan Ketua KPU Ilham Saputra.

"Hari pemungutan suara direncanakan pada 14 Februari 2024, hari Rabu yang mana menjadi hari penyelenggaraan pemilu dari tahun ke tahun 14 Februari pernah juga diusulkan pada konsinyering pertama antara pemerintah dan DPR RI," kata Ketua KPU Ilham Saputra, Senin 24 Januari 2022.

Baca Juga: Sang Ayah Tewas Mengenaskan usai Dikeroyok karena Dituduh Maling, Keluarga: Kami Enggak Terima

Dalam kesempatan yang sama, Tito sebagai perwakilan pemerintah menjelaskan dengan ketetapan pemilu 14 Februari diharapkan agar penyelenggara KPU bisa menyiapkan Pilkada pada bulan November.

"Dari pemerintah sepakat 14 Februari sehingga ini akan memberikan ruang dengan adanya pemilu pilkada serentak yang menurut UU 10/2016 yang kita selenggarakan bulan November. Diharapkan masih ada space waktu antara Februari dengan November untuk persiapan bila terjadi putaran kedua misalnya," imbuh Tito.

Sebagai informasi, jadwal Pemilu 14 Februari 2024 merupakan usulan alternatif yang dilayangkan KPU ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Rabu 19 Januari 2022 lalu.

Baca Juga: Tetapkan 4 Tersangka, Polisi Ungkap Kronologi Pengeroyokan Tewaskan Lansia di Jaktim

Sedangkan pemerintah melalui Menko Polhukam, Mahfud MD sempat menyampaikan usulan pelaksanaan Pemilu pada 2024 mendatang pada 15 Mei.***

Editor: Aswandi Haluan

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X