Studi: Gejala Omicron Bisa Muncul di Mata dan Hidung

- Sabtu, 5 Februari 2022 | 22:44 WIB
Ilustrasi telinga. (myDR)
Ilustrasi telinga. (myDR)

HALUAN KALSEL - Para ahli menyebut gejala Covid-19 Omicron ringan bisa muncul pada bagian mata dan telinga.

Tim pakar di Universitas Stanford menemukan sebagian pasien Covid-19 varian Omicron bisa mengeluhkan sakit telinga seperti telinga berdenging.

Sementara gejala infeksi Omicron pada mata, disebut muncul dalam bentuk konjungtivitis alias peradangan. Ini sesuai dengan beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa hampir 11 persen pasien Covid-19 juga mengalami masalah mata.

Baca Juga: Awas! Oknum Pelanggaran Karantina Bakal Didenda Rp100 Juta

Menurut American Academy of Ophthalmology, konjungtivitis bisa disertai dengan gejala seperti mata kemerahan, gatal, mata berair, dan pandangan buram atau terganggu.

Hal ini terjadi karena COVID-19 secara umum merupakan virus yang bisa menyerang banyak sistem tubuh. Virus yang mempengaruhi sistem pernapasan terutama diketahui bisa menimbulkan masalah pada telinga, hidung, dan tenggorokan.

Dokter spesialis mata, Siddharth Bokil menjelaskan hubungan antara virus corona dan kesehatan mata. Penasehat Medis Entod Pharmaceuticals itu menyebut para ahli masih dalam proses mempelajari bagaimana Covid-19 memengaruhi mata.

Baca Juga: Kasus Bahasa Sunda Arteria Dahlan Dihentikan Polisi, Budi Dalton: Kata Saya juga Dia Pasti Lolos Urusan Pidana

"Mungkin saja (terjadi), tetapi masih belum dikonfirmasi bahwa konjungtivitis dapat terjadi lebih sering pada pasien rawat inap virus corona," ungkap dr Bokil.***

Editor: Aswandi Haluan

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kini, Bayar Pajak Kendaraan Bisa Lewat Indomaret

Senin, 7 Februari 2022 | 19:58 WIB

Berikut 5 Tanda Kamu Harus Istirahat dari Media Sosial

Minggu, 6 Februari 2022 | 12:53 WIB

Studi: Gejala Omicron Bisa Muncul di Mata dan Hidung

Sabtu, 5 Februari 2022 | 22:44 WIB

Terpopuler

X