Dugaan Permainan Karantina Diusut Satgas Covid-19

- Kamis, 3 Februari 2022 | 23:56 WIB
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito. (covid19.go.id)
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito. (covid19.go.id)

HALUAN KALSEL - Satgas Penanganan Covid-19 mulai mengusut dugaan kecurangan dalam proses karantina. Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari evaluasi yang dilakukan satgas bersama Polri dan pengelola bandara.

"Maka dari itu, dilakukan penambahan pengawasan di titik tersebut termasuk didukung implementasi sistem digital yaitu Presisi (Monitoring Karantina Presisi) yang terintegrasi dari pintu masuk sampai proses karantina, ini meminimalisir adanya kecurangan," kata Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangannya, Kamis 3 Februari 2022.

Wiku menjelaskan, dari evaluasi yang dilakukan menunjukkan bahwa diperlukan kesadaran yang tinggi dari pengawas hingga masyarakat untuk mematuhi aturan sehingga peluang kecurangan dapat dicegah secara optimal.

Baca Juga: Sebanyak 1.222 Situs Investasi Trading Ilegal Telah Diblokir Bappebti

"Saya mengimbau secara khusus bagi masyarakat agar tidak memanfaatkan celah untuk melakukan kecurangan, dan patuh terhadap aturan karantina yang ada," sambungnya.

Sebab, menurutnya aturan karantina tersebut dibuat dengan pertimbangan yang matang guna menjamin kesehatan dan keselamatan seluruh elemen masyarakat.

Selain itu, Wiku juga menegaskan pemerintah terus memantau tren kenaikan kasus harian dalam seminggu terakhir. Ia menyebut, upaya menekan kasus harus menjadi perhatian bersama.

Baca Juga: Kemenkes sebut 324 Anak di Indonesia Terpapar Varian Omicron dengan Gejala Ringan

"Pemerintah juga terus melakukan pengetatan di pintu-pintu masuk negara serta memperketat screening. Pemerintah terus memantau tren kasus bersamaan dengan optimalisasi upaya pengendalian dan pencegahan penularan di berbagai lini dan sektor sosial ekonomi masyarakat," pungkas Wiku.

Editor: Aswandi Haluan

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kini, Bayar Pajak Kendaraan Bisa Lewat Indomaret

Senin, 7 Februari 2022 | 19:58 WIB

Berikut 5 Tanda Kamu Harus Istirahat dari Media Sosial

Minggu, 6 Februari 2022 | 12:53 WIB

Studi: Gejala Omicron Bisa Muncul di Mata dan Hidung

Sabtu, 5 Februari 2022 | 22:44 WIB

Terpopuler

X