Wajib Tahu, Berikut 5 Manfaat Labu Kuning Bagi Kesehatan

- Selasa, 25 Januari 2022 | 23:31 WIB
Labu Kuning (Pixabay)
Labu Kuning (Pixabay)

HALUAN KALSEL - Labu kuning (Cucurbita moschata) kerap dikonsumsi sebagai campuran kolak, kue, sup, dan puding. Selain itu, buah ini juga bisa diolah dengan cara dikukus, ditumis, hingga dipanggang atau dibakar.

Dibalik lezatnya olahan labu kuning, ternyata buah ini memiliki manfaat bagi kesehatan. Di dalam 250 gram labu kuning yang Anda masak terdapat vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B12, zat besi, tembaga, kalium, karbohidrat, serat, protein, lemak dan kalori.

Labu kuning juga mengandung vitamin B, vitamin K, folat, dan beragam antioksidan (antosianin, lutein, kolin, karoten). Jika dilihat dari kandungan nutrisi dari labu kuning, berikut lima manfaat labu kuning yang dilansir dari laman Stylecraze, Selasa 25 Januari 2022.

Baca Juga: Polrestro Bekasi Kota Amankan Empat Pelaku Pencabulan Anak Selama Sepekan, Dua Diantaranya Masih di Bawah Umur

1. Baik untuk Pencernaan
Serat dalam labu kuning membantu meningkatkan pencernaan dan mengatur pergerakan usus sekaligus mencegah sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Dengan kandungan airnya yang tinggi, ini juga membantu Anda merasa kenyang tanpa kembung. Satu cangkir labu kuning dapat memberi Anda sekitar setengah dari kebutuhan serat harian Anda.

2. Membantu Mencegah Cacat Lahir
Folat dan kolin penting dalam perkembangan saraf janin yang tepat selama kehamilan. Ini membantu melindungi anak-anak dari cacat lahir seperti spina bifida dan kelainan otak. Satu cangkir labu kuning dapat memberi Anda 7,1 mg kolin dan 19 g folat.

Baca Juga: Viral Video Permakaman Jadi Lapak Dagang Kuliner hingga Tempat Nongkrong

3. Menjaga Imunitas Tubuh
Satu cangkir labu kuning dapat memberi Anda 19 persen vitamin C dan 22 persen vitamin K yang dibutuhkan. Vitamin dalam labu kuning ini sangat penting untuk membangun kekebalan, kekuatan, dan berfungsinya otot dan pembuluh darah Anda dengan baik.

4. Bantu Turunkan Berat Badan
Labu kuning merupakan pilihan makanan yang baik untuk menurunkan berat badan karena bebas lemak, rendah kalori, dan tinggi serat. Hal tersebut dapat membuat Anda merasa kenyang lebih cepat.

Halaman:

Editor: Aswandi Haluan

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BPOM Setujui Vaksin Sinopham untuk Dosis Booster

Rabu, 2 Februari 2022 | 19:29 WIB

Kasus Covid-19 di Tanah Air Bertambah 10.185 Pasien

Senin, 31 Januari 2022 | 19:22 WIB

Terpopuler

X