Hati-hati! Suara Dengung di Kuping Bisa Jadi Gejala Covid-19

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 20:08 WIB
Hati-hati! Suara Dengung di Kuping Bisa Jadi Gejala Covid-19 (PMJ News)
Hati-hati! Suara Dengung di Kuping Bisa Jadi Gejala Covid-19 (PMJ News)

HALUAN KALSEL - Biasanya gejala umum seseorang terinfeksi Covid-19 mengalami sakit tenggorokan, pilek, dan batuk. Namun, ada suatu gejala yang mungkin tidak diduga sebagai tanda dari penyakit wabah ini.

Namun salah satu gejala Covid-19 yang tersembunyi dan mengejutkan adalah munculnya suara mendengung. Suara ini hanya bisa didengar oleh penderitanya.

Baca Juga: Terseret Skandal Pelecehan Seksual, Ratu Elizabeth II Cabut Gelar Pangeran Andrew

Kondisi dari gejala tersebut dikenal sebagai tinnitus. Suara dengungan bernada rendah ini disebut bisa memengaruhi sekitar satu dari enam orang yang terinfeksi virus Covid-19.

Suara yang didengar oleh penderita juga bisa termasuk mendesing dan tidak berasal dari sumber luar atau hanya mereka yang menyadarinya. Kondisi ini disebut bisa sangat membuat frustrasi.

"Ini sering dikaitkan dengan insomnia dan dapat berkontribusi pada masalah kesehatan mental, seperti kecemasan, stres, dan depresi," ujar Manajer Pelatihan untuk ReSound North-West Europe, Katie Ogden.

Para peneliti di University of Manchester, Inggris menyatakan antara tujuh hingga 15 persen orang dewasa yang dididagnosis dengan Covid-19 melaporkan masalah pendengaran dan keseimbangan.

Kevin Munro, profesor di bidang audiologi di University of Manchester menjelaskan kemungkinan virus menyerang dan merusak sistem pendengaran. Ia juga menuturkan bahwa di sisi lain, tekanan mental dan emosional dari pandemi mungkin menjadi pemicunya.

Baca Juga: Kawasan Puncak Bogor Diguyur Hujan Deras, Bendung Katulampa Siaga 3

"Tetapi kita perlu berhati-hati ketika menafsirkan temuan ini karena tidak selalu jelas apakah penelitian melaporkan gejala yang ada atau baru," jelas Munro.***

Halaman:

Editor: Aswandi Haluan

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BPOM Setujui Vaksin Sinopham untuk Dosis Booster

Rabu, 2 Februari 2022 | 19:29 WIB

Kasus Covid-19 di Tanah Air Bertambah 10.185 Pasien

Senin, 31 Januari 2022 | 19:22 WIB

Terpopuler

X