Virus Corona Varian Omicron Belum Terdeteksi di Indonesia

- Minggu, 28 November 2021 | 22:20 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Digital Percepat Adaptasi dan Transformasi Kesehatan)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Digital Percepat Adaptasi dan Transformasi Kesehatan)

HALUAN KALSEL - Pemerintah Indonesia memastikan virus Corona varian Omicron yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan belum terdeteksi di Indonesia.

"Sampai sekarang Indonesia belum teramati adanya varian Omicron ini," ujar Menkes Budi Gunadi dalam konferensi pers virtual yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu 28 November 2021.

Saat ini, kata Budi pemerintah telah mengetatkan perjalanan mulai dari darat, laut maupun udara untuk mengantisipasi masuknya varian baru Corona ke Tanah Air. Dia menyebut pelabuhan darat, laut, udara akan berjaga di semua kedatangan internasional.

Baca Juga: Uang Logam Senilai Rp70 Juta Berserakan di Jalan, Warga Lakukan Ini

"Kita lakukan ini bukan hanya untuk pelabuhan udara, tapi juga perbatasan pelabuhan laut dan juga darat, karena pengalaman kita di Delta justru masuknya dari laut," jelasnya.

"Jadi kita jaga di sana, kita akan pastikan semua kantor karantina udara, laut dan darat bekerja keras di kedatangan internasional. Nanti akan kita tes PCR, kalau positif harus akan di-genome sequence sehingga kita tahu apakah ada varian baru atau tidak," sambungnya

Menurutnya, saat ini sudah ada 13 negara yang terdeteksi masuknya Corona varian Omicron. Namun, pemerintah tidak akan terburu-buru mengambil kebijakan untuk menyikapi kasus ini.

Baca Juga: Gara-gara Hutang ke China, Uganda harus Kehilangan Satu-satunya Bandara Internasionalnya

"Pemerintah Indonesia mengambil kebijakan selalu berbasis data, jadi kita lihat kasus konfirmasi positif itu 9 negara 128 kasus, kasus yang probable masih mungkin itu ada 4 negara lainnya, jadi total ada 13 negara. Jadi kita juga tidak perlu terlalu panik," tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah melarang sementara warga negara asing (WNA) yang pernah tinggal atau mengunjungi Afrika Selatan masuk ke Indonesia. Kebijakan ini untuk mencegah virus Corona varian Omicron yang terdeteksi di negara tersebut.

Halaman:

Editor: Aswandi Haluan

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BPOM Setujui Vaksin Sinopham untuk Dosis Booster

Rabu, 2 Februari 2022 | 19:29 WIB

Kasus Covid-19 di Tanah Air Bertambah 10.185 Pasien

Senin, 31 Januari 2022 | 19:22 WIB

Terpopuler

X