KPK Klaim Berhasil Menyelamatkan Uang Negara Rp46,6 Triliun Sepanjang Tahun 2021

- Rabu, 8 Desember 2021 | 22:15 WIB
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. (Instagram.com/@firlibahuriofficial)
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. (Instagram.com/@firlibahuriofficial)

 

HALUAN KALSEL - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengklaim telah menyelamatkan potensi kerugian negara sebesar Rp46,5 triliun sepanjang tahun 2021.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri menegaskan penyelamatan potensi kerugian negara tersebut dilakukan dengan menindak para pelaku korupsi. Dia menyebut sepanjang 2021, KPK telah menahan dan menangkap 109 pelaku korupsi.

Baca Juga: Kamis Besok, Novel Baswedan Cs akan Dilantik jadi ASN Polri

"KPK menyelamatkan potensi kerugian Rp46,5 triliun. Penindakan tegas kepada lebih 109 orang sudah kita tangkap dan tahan selama tahun 2021. Kita tidak pernah lelah untuk melakukan pemberantasan korupsi," tegas Firli saat acara Puncak Hari Anti Korupsi Sedunia, Rabu (8/12/2021).

Selain itu, kata Firli pihaknya juga telah mengembalikan kerugian negara dari uang denda dan rampasan para koruptor mencapai Rp2,6 triliun.

Baca Juga: Seorang Artis Tanah Air Ditangkap dalam Kasus Narkoba, Siapa Dia?

Firli juga memaparkan penyebab korupsi yang masih kerap terjadi di Indonesia. Dia menilai korupsi terjadi karena ada kebutuhan, kesempatan, dan keserakahan.

Padahal, lanjut Firli, negara sudah memiliki regulasi dan Undang-undang pemberantasan korupsi serta memiliki strategi nasional pencegahan korupsi. Dia pun mengajak semua pihak turut memberantas korupsi.

Baca Juga: Densus 88 Temukan 181 Lembaga Nonprofit Terkait Kelompok Teroris

"Kita berharap pada suatu saat tidak ada lagi korupsi, mari kita berkarya untuk bangsa, mengabdi untuk negeri, membebaskan NKRI dari praktik-praktik korupsi," tukasnya.***

Halaman:

Editor: Aswandi Haluan

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X