Akhirnya Putri Arab Saudi Dibebaskan setelah 3 Tahun Dipenjara tanpa Dakwaan

- Minggu, 9 Januari 2022 | 08:48 WIB
Ilustrasi Tahanan
Ilustrasi Tahanan

HALUAN KALSEL - Pihak berwenang pihak berwenang Arab Saudi akhirnya membebaskan seorang Putri dan anaknya yang telah ditahan tanpa dakwaan selama hampir tiga tahun di ibu kota.

 

Basma binti Saud, seorang anggota keluarga kerajaan Arab Saudi yang lama dipandang sebagai pendukung hak-hak perempuan dan monarki konstitusional, telah ditahan sejak Maret 2019.

Pada April 2020, Putri Arab Saudi itu memohon kepada Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman untuk membebaskannya dengan alasan kesehatan.

Baca Juga: Viral Video Suara Anak Kecil Teriak 'Keburu Gelap' ke Turis di Penida, Bali

"Basma binti Saud Al Saud dan putrinya Suhoud, telah dibebaskan," kata ALQST untuk Hak Asasi Manusia dalam cuitan di media sosial Twitter pada Sabtu 8 Januari 2022.

"Dia ditolak perawatan medis yang dia butuhkan untuk kondisi yang berpotensi mengancam nyawa. Selama penahanannya tidak ada tuduhan yang ditujukan padanya," tutur kelompok hak asasi itu lagi.

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari Malay Mail, pejabat Saudi tidak langsung bersedia mengomentari kasus ini.

Menurut sumber yang dekat dengan keluarga, Putri Basmah ditangkap tak lama sebelum rencana perjalanan ke Swiss untuk perawatan medis. Akan tetapi, sifat penyakitnya tidak pernah diungkapkan.

Pangeran Mohammed telah mengawasi upaya reformasi sejak ia ditunjuk oleh ayahnya, Raja Salman pada Juni 2017 dengan mengorbankan pewaris takhta yang ditunjuk sebelumnya, Mohammed bin Nayef.

Baca Juga: Polisi Berhasil Gagalkan Penyelundupan 173 Kg Timah Ilegal di Pangkalpinang

Halaman:

Editor: Aswandi Haluan

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Thailand Perbolehkan Warganya Tanam Ganja di Rumah

Rabu, 26 Januari 2022 | 22:38 WIB

Sakit Jantung, Kondisi Mahathir Mohamad Sudah Stabil

Minggu, 23 Januari 2022 | 19:53 WIB

Terpopuler

X